• Beranda
  • Kiai Mutawakkil : Kuliah hukum, Hati Kalian Kakbah

Kiai Mutawakkil : Kuliah hukum, Hati Kalian Kakbah

GENGGONG: “Kalian kuliah jurusan hukum, tapi hati kalian Kakbah” begitulah petikan pesan K.H. Moh. Hasan Mutawawakkil Alallah, S.H, M.M saat memberikan tausiyah di acara PK2MB 2019 STIH Zainul Hasan Genggong. Kamis, 29 /08/2019.

Peserta Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (PK2MB) Tahun 2019 yang berlangsung selama 4 hari (26-29/08/2019) itu diakhiri dengan kegiatan Ziarah Maqbarah pendiri dan silaturrahim kepada khalifah/Pengasuh Pesantren Zainul Hasan Genggong.

Kiai Mutawakkil yang didampingi oleh pembantu ketua III bidang kemahasiswaan Bapak Mohammad Hendra, M.Pd.I dan segenap unsur panitia PK2MB 2019 berharap semua Mahasiswa STIH Zainul Hasan menjadi generasi muda bangsa ini khususnya Islam yang bisa menjadi pioner, visioner, aspirator, khususnya untuk penegakan hukum di negeri ini, “ Saya menyambut dan menerima kalian menjadi bagian dari keluarga kami,” tuturnya .

Menurut beliau, perintah penegakan hukum ini, merupakan syariat dari Allah, tentunya perintah dari Allah dan Rasulullah kepada semua umat Islam, dimana dalam proses penegakan hukum ini tidak boleh pandang bulu, yang benar harus dikatakan benar, walaupun terasa pahit, yang salah harus dikatakan salah.

“Yang jelas untuk dalam konteks interaksi sosial atau kemanusiaan melingkupi tatanan kehidupan masyarakat yang mapan. Maka Islam sudah mengaturnya, disamping penanaman ideologi dan sangat penting adalah penegakan hukum,” tutur putra K.H. Hasan Saifouridzall.

Mantan Ketua PWNU Jawa Timur, mengungkapkan bahwa hukum itu tidak pandang bulu yang telah dipercontohkan oleh Rasulullah, ketika beliau hijrah dari makkah ke madinah. Dimana beliau tidak pandang bulu apa latar belakang agama, suku dan etnis, maka penegakan hukum harus ditegakkan. Bagi mereka yang tidak mau taat terhadap hukum-hukum yang berlaku dipersilakan oleh Rasulullah untuk meninggalkan kota madinah, dan itu mencakup ukhuwah Islamiyah (saudara sesama agama Islam),Ukhuwah wathaniyah (saudara sesama penduduk madinah), Ukhuwah insaniyah (saudara sesama manusia/saudara berbasis kemanusiaan).

“Ketika kalian masuk keperguruan tinggi atau sekolah tinggi, pendidikan tinggi dalam bidang hukum dimana pendidikan tingginya itu berbasis pesantren, maka agar ilmu kalian itu manfaat, supaya nyambung kepada para hamba-hamba yang dikasihi oleh Allah, maka kegiatan (PK2MB) ini sangat benar, karena kalian harus mengenal para pendiri pesantren, harus mengenal penerus-penerus para pendiri, juga ada relasi secara ruhaniyah secara batin dengan mengirim fatihah kepada guru-guru para pendiri pesantren,” terang khalifah ke 4 Pesantren Zainul Hasan Genggong ini .

Beliau menegaskan, bahwa disemua tingkatan pendidikan, baik dari dasar menengah sampai pendidikan tinggi, kiai memerintahkan agar supaya setiap mau memulai mata kuliah maupun pelajaran dahului dengan tawassul, supaya ilmunya ada nilai manfaat, ada peningkatan kompetensi, tetapi juga ada peningkatan hidayah.

“Hidayah ini tidak mudah, maka untuk memuluskan hidayah itu maka dalam ajaran ahli sunnah wal jamaah ada wasilah, yaitu tawassul kepada hamba-hamba yang disayang oleh Allah,” jelasnya.

Sebelum berdoa, beliau berpesan kepada mahasiswa baru STIH Zainul Hasan untuk selalu update ikut perkembangan hukum, karena ini masalah global, sesuai dengan perubahan kasus yang terjadi. “Jangan sampai mahasiswa Hukum Genggong punya niat, saya ingin pintar ilmu hukum biar bisa jual beli hukum, payah dah, akhirnya yang dijual bukan hukumnya tapi kalian yang dijual oleh orang, harapan saya, tata niat, cari ridho Allah, syafaat Rasulullah, barokahnya guru, mudah-mudahan ilmu saya bermanfaat, bisa menjaga tujuan hidup berupa ibadah, bisa membahagiakan keluarga, dan masyarakat melalui penegakan hukum, ingat ya nak, kuliah hukum, hati kalian kakbah” pesan kakanda ketua STIH Zainul Hasan  Nyai Hj. Khusnul Hitaminah, S.H, M.H.

Reporter : Panitia

Editor : Hendra

Tinggalkan Balasan

Kontak Kami

Telepon / Fax: +62 335 842 177
Email: stihzahagenggong@gmail.com
Email: sithzainulhasan@yahoo.co.id
Email: stihzaha.pts@gmail.com

Alamat Surat

SEKOLAH TINGGI ILMU HUKUM
ZAINUL HASAN GENGGONG
Jln. Panglima Sudirman No. 360
Kraksaan, Probolinggo, Jawa Timur, Indonesia.
Kodepos: 67282