• Beranda
  • Pengemis ini Menangis Saat BEM STIH ZAHA Gelar Zakat On The Road

Pengemis ini Menangis Saat BEM STIH ZAHA Gelar Zakat On The Road

KRAKSAAN – Memasuki 5 hari terakhir Bulan Ramadhan, Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) STIH Zainul Hasan kembali menggelar pembagian zakat dan peduli sosial dalam rangka menghidupkan bulan Ramadlan 1439 H. Pembagian zakat fitrah kali ini berbeda dari pembagian zakat sebelumnya. Pasalnya, organisasi ini menggelar zakat bertajuk “ Zakat On The Road ” pada Minggu sore (10/06/18) seusai pembagian zakat yang berlangsung di halaman kampus.

MEMBERI: Presiden Mahasiswa Saat memberikan zakat

Berlangsung sekira pukul 15.30 WIB, zakat tersebut dibagikan kepada para pengemis, pemulung serta tukang becak yang ada disekitar daerah Kraksaan dan Pajarakan. “ Ini merupakan salah satu pembagian zakat lanjutan. Setelah membagikan zakat dihalaman kampus, kita terjun langsung ke jalan. Itulah alasan kenapa kita mengatakan Zakat On The Road karena kita terjun langsung ke jalan untuk membagikan kepada orang yang berhak menerima. Dan zakat yang dibagikan ini murni berasal dari Mahasiswa, Dosen beserta Karyawan STIH Zainul Hasan ”, tutur Khairul Anam selaku Presiden Mahasiswa BEM STIH Zainul Hasan.

Menurutnya ada sekitar 117 Zakat Fitrah, dan sebanyak 77 Zakat Fitrah dibagikan dihalaman Kampus STIH Zainul Hasan Genggong, sedangkan sebanyak 40 Zakat Fitrah dibagikan secara langsung di jalan sekitar daerah Kraksaan dan Pajarakan.

PEDULI: Pimpinan Umum LPM saat menyalurkan zakat

Senada dengan Khairul Anam, Raudlatul Jannah selaku Pimpinan Redaksi LPM Hukum yang turut andil dalam pembagian Zakat On The Road mengaku sangat terharu ketika terjun langsung ke jalan. Menurutnya dengan terjun langsung ke jalan, kita bisa mengetahui apa saja keluh kesah yang mereka rasakan. “ Sangat terharu bisa saling berbagi untuk mereka yang membutuhkan. Mereka juga punya letak kebahagiaan tersendiri, walaupun kadang profesinya sering dipandang sebelah mata oleh orang lain ”, ungkap wanita asal Desa Satreyan tersebut.

SAMBANGI: Menteri Pendidikan BEM STIH ZAHA saat mendatangi warga

Lanjut Raudlatul Jannah mengatakan bahwa orang yang ditemuinya tadi bukanlah berasal dari daerah Kraksaan melainkan dari daerah kota lain yang lumayan jauh jaraknya. “ Kita memang sengaja mencari pengemis dan pemulung yang telah lanjut usia. Karena kita merasa mereka yang berhak mendapatkan zakat tersebut. Dan yang lebih terharu lagi ketika kita datang menghampiri, mereka begitu bahagia apalagi ketika kita membawa bungkusan kresek biru. Tak henti-hentinya mereka mengucap syukur dan mendo’akan kita bahkan kampus STIH Zainul Hasan. Tapi yang lebih menyentuh lagi ketika mereka juga meminta doa kepada kita agar hidupnya bisa lebih baik lagi. Saya pribadi merasa malu, karena mereka yang sudah lanjut usia saja tak pernah lupa bersyukur atas hal kecil yang diperoleh. Sedangkan kita yang sudah dirasa cukup masih sering mengeluh. Kadang hidup yang kita keluhkan dalah hidup yang mereka inginkan ”, ucapnya.

TURUN: Pimpinan Redaksi Saat menyalurkan zakat

Disisi lain, Ibu Tri yang mengemis di area Kraksaan mengaku sangat senang bisa mendapatkan rezeki ketika ditemui oleh Jurnalis Kampus STIH Zainul Hasan. Apalagi ketika mengetahui bahwa kampus STIH Zainul Hasan adalah kampus yang berada dibawah naungan Pondok Pesantren Zainul Hasan Genggong, beliau tak henti-hentinya mendoakan.  “ Alhamdulillah ada rezeki yang Allah kirimkan. Semoga Allah mengganti berlipat ganda kebaikan yang kalian beri, dan semoga dilancarkan segala urusannya sambil meneteskan air mata ”, ungkap lansia yang berasal dari Kecamatan Jatiroto Kabupaten Lumajang ketika ditemui oleh Jurnalis Kampus pada saat Zakat On The Road berlangsung. (Reporter: Raudlatul Jannah/Firdatul Qomariyah)

Tinggalkan Balasan

Kontak Kami

Telepon / Fax: +62 335 842 177
Email: stihzahagenggong@gmail.com
Email: sithzainulhasan@yahoo.co.id
Email: stihzaha.pts@gmail.com

Alamat Surat

SEKOLAH TINGGI ILMU HUKUM
ZAINUL HASAN GENGGONG
Jln. Panglima Sudirman No. 360
Kraksaan, Probolinggo, Jawa Timur, Indonesia.
Kodepos: 67282