• Depan
  • Berita
  • Pendiri STIH Zainul Hasan Kraksaan hari ini dihauli

Pendiri STIH Zainul Hasan Kraksaan hari ini dihauli

Pajarakan- Pesantren Zainul Hasan Genggong yang terletak di desa Karangbong, Kecamatan Pajarakan Kabupaten Probolinggo, Profinsi Jawa Timur, hari ini tumplek dihadiri ribuan jamaah untuk menghadiri Haul Almarhum Al ‘Arif Billah K.H. Hasan Saifourridzall Rabu (23/8/).

Dalam pantauan tim website STIH Zainul Hasan Kraksaan, ribuan jamaah yang merupakan santri, alumni, dan simpatisan Pesantren Zainul Hasan Genggong, ini punya niat sama; yaitu mendoakan dan mendapatkan siraman barokah Kiai Hasan serta yang dihauli yaitu KH. Hasan Saifourridzall.

Non Akhsan yang dihauli setiap tanggal 1 Dzulhijjah, membuat Masjid Jamik Al Barokah Genggong yang menjadi area utama digelarnya haul tak mampu menampung jamaah. Bahkan, halaman masjid hingga pintu gerbang utama, juga kalah lebar dengan jamaah yang hadir.

Kemacetan juga terlihat di sepanjang jalan depan Pesantren Zainul Hasan Genggong. Namun, terbatasnya tempat dan macetnya jalan tak membuat ribuaan jamaah mengurungkan niatnya untuk hadir dalam haul Almarhum Pendiri STIH Zainul Hasan Kraksaan sekaligus Pengasuh Ketiga Pesantren Zainul Hasan Genggong ini.

KH. Moh. Hasan Saiful Islam dalam sambutannya mengatakan, Hasan Saifourridzall adalah kiai yang istiqomah, sabar dan tabah hingga masalah urusan melayani santri-santrinya. Beliau Kiai Hasan Saifouridzall selalu mengajak ibadah kepada santrinya “Jadi, tidak hanya dirinya yang beribadah kepada Allah, tapi santri dibangunkan untuk juga beribadah kepada Allah” paparnya pengasuh Pondok Darut Tauhid Pesantren Zainul Hasan Genggong dihadapan ribuan jama’ah.

Salah satu peninggalan Almarhum Al ‘Arif Billah K.H. Hasan Saifourridzall yang saat ini ada adalah perguruan tinggi yang ada di Kota Kraksaan yaitu STIH Zainul Hasan Kraksaan.

STIH Zainul Hasan yang ada di Kota Kraksaan itu adalah realisasi Cita-cita Almarhum KH. Hasan Saifouridzall, yang mana dimasa hidupnya, ingin mendirikan suatu perguruan tinggi dilingkungan Pendidikan Pesantren Zainul Hasan Genggong maka pada tahun 1968 telah dirintis pendirian sebuah Universitas Zainul Hasan.

  Lanjut: Tampak kantor STIH Zainul Hasan

Universitas Zainul Hasan didirikan tepatnya pada tanggal 31 Desember 1968 M ( 11 Syawal 1388 H) dengan surat keputusan dari Shohibul Bait Pesantren Zainul Hasan nomor : 001/SB/DA/I/68 tanggal 11 Syawal 1388 H/ 31 Desember 1968 dengan mengangkat KH. Hasan Saifouridzall sebagai Rektor Universitas Zainul Hasan. Peresmian pembukaanya pertama oleh para ulama dan para Haba’ib se Jawa Timur. Kemudian pada tanggal 19 Maret 1969 diresmikan oleh menteri Koordinator Kesejahteraan Rakyat Republik Indonesia Dr. KH. Idham Cholid.

Pada tahun akademik 1981/1982 YPPZH yang didirikan dengan akte notaris Kanjeng Raden Toemenggung Boemidirjo nomor 2 tanggal 28 juni 1965, membuka satu lembaga Pendidikan Tinggi yakni,  Sekolah Tinggi Ilmu Hukum  (STIH) Zainul Hasan.

Status terdaftar diperoleh oleh STIH Zainul Hasan ini pada tahun 1984 dengan surat Keputusan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan RI nomor 0373/0/1984 tanggal 18 Agustus 1984 Program Strata 1 (S-1).

Kini sekolah Tinggi Ilmu Hukum (STIH) Zainul Hasan Genggong telah terakreditasi BAN PT No. 222/SK/BAN-PT/Ak-XVI/S/XI/2013 dipimpin oleh Hj. Khusnul Hitamina, SH. MH putri dari Almarhum KH. Hasan Saifouridzall mengalami perkembang pesat, terbuki jumlah mahasiswanya selalu meningkat . (ron/lpm/dra)

Trackback from your site.

Leave a comment

You must be logged in to post a comment.