• Beranda
  • STIH ZAHA, Siapkan Mahasiswanya bertarung di ajang PIMNAS oleh Ristekdikti

STIH ZAHA, Siapkan Mahasiswanya bertarung di ajang PIMNAS oleh Ristekdikti

Kraksaan: Melalui Unit Kegiatan Mahasiswa Lembaga Pers Mahasiswa-Hukum (UKM-LPM-Hukum), Sekolah Tinggi Ilmu Hukum Zainul Hasan Kraksaan menggelar Pelatihan Karya Tulis Ilmiah Tingkat Dasar (PKTI-TD) 2019 pada Rabu 10/07/2019 kemarin.

Pelatihan yang dilaksanakan di ruang kelas semester IV A merupakan salah satu program  kerja pengurus LPM STIH Zainul Hasan Kraksaan periode 2019-2020.  

Annur Jannah selaku pimpinan umum menyampaikan bahwa PKTI-TD ini bertujuan untuk menumbuhkan budaya menulis bagi mahasiswa, sehingga PKTI-TD 2019 bertema Membentuk Mahasiswa Berprestasi dengan Menulis.

“ Alhamdulillah Bapak Mohammad Hendra bersedia menjadi Narasumber dalam PKTI-TD ini, peserta diberikan materi mengenai karya tulis ilmiah non penelitian yang terdiri dari eksplorasi ide, studi pendahuluan, studi kepustakaan, metode dan pembahasan, penyusunan hasil akhir karya tulis ilmiah, dan teknik presentasi melalui ilmu komunikasi,” ujar mahasiswi semester IV A .

Bapak Mohammad Hendra selaku narasumber menyampaikan bahwa pembinaan untuk karya ilmiah bagi mahasiswa di STIH Zainul Hasan sudah terstruktur dengan rapi. STIH Zainul Hasan memberikan pelatihan dasar hingga lanjutan bagi mahasiswanya. “ Terimakasih anak-anak LPM telah membantu program kami, mulai tahun ini, Pelatihan Karya Tulis Ilmiah (PKTI) wajib diikuti oleh mahasiswa baru, dan akan diberikan sertifikat” ujarnya saat memberi pelatihan.

Pada PKTI ini, lanjut Bapak Hendra, mahasiswa akan dikenalkan dengan bentuk-bentuk karya tulis yang ada. Khususnya karya tulis yang terkait dengan Program Kreativitas Mahasiswa (PKM), untuk persiapan bertarung di ajang Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS) yang rutin diadakan tiap tahun oleh Kementerian Riset, Teknologi, Dan Pendidikan Tinggi (RISTEKDIKTI).

Menurutnya, Ketua STIH Zainul Hasan Ibu Nyai Hj. Khusnul Hitaminah, S.H, MH tetap memfasilitasi semua mahasiswa yang ingin mengembangkan minat dan bakatnya, lebih-lebih mendalami dunia penulisan ilmiah dengan pelatihan rutin lainnya. “Di sana (pelatihan, red) mahasiswa diajak menyelami lebih dalam tentang bagaimana cara menulis yang baik, mempublikasi tulisan mereka, dan lain sebagainya,” papar dosen asal kecamatan Maron Kabupaten Probolinggo ini.

Penulis buku Menghidupkan Islam itu menegaskan bahwa STIH Zainul Hasan sudah menggenjot mahasiswa dan dosennya untuk aktif dalam kepenulisan ilmiah, Karena publikasi, khususnya di taraf nasional maupun internasional memiliki dampak signifikan bagi banyak pihak utamanya bagi kampus. “ Alhamdulillah, tahun ini Bapak Zainal pembantu ketua I bidang akademik bukunya telah terbit, insyaAllah disusul oleh dosen yang lain”pungkasnya . (Ham/LPM)

Tinggalkan Balasan

Kontak Kami

Telepon / Fax: +62 335 842 177
Email: stihzahagenggong@gmail.com
Email: sithzainulhasan@yahoo.co.id
Email: stihzaha.pts@gmail.com

Alamat Surat

SEKOLAH TINGGI ILMU HUKUM
ZAINUL HASAN GENGGONG
Jln. Panglima Sudirman No. 360
Kraksaan, Probolinggo, Jawa Timur, Indonesia.
Kodepos: 67282