• Beranda
  • Lakukan Penyuluhan Hukum di Desa Ranu Agung Tiris, ini Komentar Perangkat Desa

Lakukan Penyuluhan Hukum di Desa Ranu Agung Tiris, ini Komentar Perangkat Desa

TIRIS– Untuk kedua kalinya Kecamatan Tiris menjadi lokasi Kuliah Kerja Lapangan (KKL) STIH Zainul Hasan Genggong-Kraksaan, kegiatan ini merupakan bentuk pengabdian kepada masyarakat. Dan juga sebagai betuk implementasi Tri Dharma Perguruan Tinggi yang telah diamanatkan UU No. 12 Tahun 2012 dan dijadwalkan berlangsung mulai tanggal 21 Januari s/d 6 Pebruari 2019.

Dalam pantauan jurnalis kampus, Kamis 24/1/2019 di Desa Ranu Agung dilaksanakan kegiatan penyuluhan hukum yang  bekerja sama dengan Pemerintah Desa Ranu Agung dengan dihadiri oleh tokoh masyarakat, pemuda dan warga sekitar yang bertempat di kantor Desa Ranu Agung Kecamatan Tiris Kabupaten Probolinggo.

Bapak Karto  menuturkan bahwa warganya masih banyak yang tidak paham masalah hukum seperti penyelesaian sengketa tanah, ketaatan membayar PBB sampai pada tindak Kriminal,” semoga dengan dilaksanakanya kegiatan dari kampus Genggong ini, desa kami terbantu,” ujarnya pria yang kini menjadi perangkat desa Ranu  Agung.

Kegiatan penyuluhan hukum berlangsung sekira pukul 09.00 Wib hingga pukul 12.00 Wib disampaikan oleh Bapak Anton Suryadi, SH, MH,  selaku narasumber beliau  menyampaikan bahwa mengetahui dan memahami masalah hukum Negara sangat penting, sehingga dengan adanya penyuluhan hukum ini, masyarakat akan tumbuh sebuah kesadaran hukum, “Kegiatan penyuluhan hukum ini bukan semata-mata melakukan kewajibannya sebagai Dosen namun lebih dari itu agar STIH Zainul Hasan Genggong-Kraksaan dapat memberikan kontribusi nyata bagi pembangunan mental masyarakat untuk taat terhadap hukum,” ujarnya.

Bapak Shohib salah satu warga yang hadir mengucapkan terima kasih kepada mahasiswa dan Bapak Dosen yang telah menggagas acara ini. Kegiatan ini sangat bermanfaat bagi kami, “Dengan cara seperti ini, ilmu hukum dapat kami serap dengan mudah yang selanjutnya dapat diterapkan dan ditularkan kepada warga masyarakat yang lain,” ucap nya sembari tersenyum lepas.

Khakiki selaku Kordes KKL di Desa Ranu Agung  menuturkan bahwa Selain penyuluhan hukum, KKL 2019 juga disibukkan dengan kegiatan-kegiatan pemberdayaan masyarakat, antara lain penelitian hukum, pos layanan konsultasi hukum gratis, pendidikan hukum di sekolah dan madrasah, perbaikan fasilitas umum sampai ikut serta dalam kegiatan rutin warga masyarakat,” Alhamdulillah warga masyarakat disini ramah dan antusias dalam berpartisipasi,” ujarnya. https://stihzainulhasan.ac.id/informasi-pendaftaran/

Reporter : Rizky Amalia

Tinggalkan Balasan

Kontak Kami

Telepon / Fax: +62 335 842 177
Email: stihzahagenggong@gmail.com
Email: sithzainulhasan@yahoo.co.id
Email: stihzaha.pts@gmail.com

Alamat Surat

SEKOLAH TINGGI ILMU HUKUM
ZAINUL HASAN GENGGONG
Jln. Panglima Sudirman No. 360
Kraksaan, Probolinggo, Jawa Timur, Indonesia.
Kodepos: 67282